Minggu, 29 November 2009

ANIME


Gake no ue no Ponyo


Gake no ue no Ponyo adalah sebuah film animasi Jepang dan Studio Ghibli, karangan Hayao Miyazaki. Film ini adalah film kesepuluh dari Miyazaki untuk Studio Ghilbli. Film ini bercerita tentang gadis ikan yang ingin menjadi seorang manusia. Sang gadis lalu kabur dari rumahnya di laut, tetapi akhirnya terdampar di pantai. Sosuke, seorang anak laki-laki berusia 5 tahun menemukannya. Lalu Sosuke menamainya Ponyo dan berjanji untuk menjaganya. Sementara itu, Fujimoto, ayah Ponyo kebingungan mencari Ponyo, Fujimoto kemudian mengirim suruhan untuk membawa pulang Ponyo.

Ponyo berhasil dibawa pulang, tetapi hal ini menimbulkan kesedihan di hati Sosuke, apalgi Sosuke mulai menyukai Ponyo. Begitu pula dengan Ponyo, Ponyo meminta ayahnya untuk mengubahnya menjadi manusia, karena ia telah jatuh cinta kepada Sosuke. Ayahnya tidak menghiraukannya.

Akhirnya dengan dibantu oleh saudara-saudaranya, Ponyo berhasil melarikan diri. Dengan menggunakan kekuatan ayahnya, Fujimoto, Ponyo berhasil diubah menjadi manusia. Tetapi hal ini menyebabkan keseimbangan alam semesta rusak. Bulan telah keluar dari orbitnya, meteor berjatuhan, terjadilah badai dasyat. Lalu bagaimana cara Ponyo menemukan Sosuke kembali? Akankah mereka bertemu kembali?

Hatake Sakumo

Hatake Sakumo (はたけサクモ) atau sering disebut Konoha no Shiroi Kiba (木 ノ葉の白い牙) yang berarti ’Taring Putih Konoha, adalah seorang ninja jounin jenius yang menjadi pahlawan karena telah berkorban untuk melindungi desanya. Ia adalah ayah dari Hatake Kakashi.

Sakumo adalah ninja yang sangat hebat yang dikatakan bahwa lebih hebat dari Sannin. Istrinya meninggal saat Kakashi masih kecil. Penduduk desa sangat menghormatinya, karena Sakumo telah berkorban demi Konoha. Akan tetapi hal tersebut tidak berlangsung lama. Suatu kali, Sakumo ditunjuk menjadi ketua tim dalam misi rahasia menyusup ke daerah musuh. Tetapi, dalam misi itu, Sakumo terjepit di anatara 2 pilihan, keberhasilan tim atau keselamatan rekan timnya. Munurut hukum desa, mentelantarkan misi adalah hal tabu. Meski mengetahui itu, Sakumo lebih memilih untuk menyelamatkan rekan timnya itu. Kegagalan Sakumo dalam misinya itu mendatangkan kerugian besar pada pihak desa. Akibatnya, Sakumo dihina dan dipojokkan oleh penduduk desa, termasuk oleh rekan timnya yang pernah ia selamatkan. Keresahannya itu membuatnya depresi hingga akhirnya Sakumo memilih untuk bunuh diri. Hal itu membuat Kakashi, anaknya yang selalu mengidolakan Sakumo sebagai ayahnya, tidak pernah bangga terhadap ayahnya dan Kakashi berjanji untuk selalu mematuhi setiap hukum dan aturan ninja.

Hatake Sakumo memiliki sebuah pisau chakra bersinar putih sebagai senjatanya. Rambutnya berwarna perak dengan sebuah kunciran di belakang kepalnya. Penampilannya agak mirip dengan Kakashi saat Kakashi dewasa. Karena itulah, orang-orang sering salah mengira Kakashi adalah Sakumo.

Claymore

Claymore merupakan anime dan manga bergenre action karangan Norihiro Yagi. Hingga Bulan Agustus 2007, 12 volume tankoubon telah dirilis dalam bahasa Jepang dan 10 volume dalam bahasa Indonesia dan Inggris. Versi anime dari manga ini telah ditayangkan sejak tanggal 3 April 2007 di Jepang. Sayangnya anime ini mungkin tidak akan ditayangkan di Indonesia karena dianggap terlalu kejam.

Claymore bercerita mengenai sebuah dunia yang dihuni oleh manusia dan monster-monster yang disebut Youma. Youma sangat suka memakan manusia, terutama bagian ususnya. Untuk perlindungan diri, Youma merasuki seorang manusia sehingga orang-orang tidak akan menyadari keberadaannya. Youma hanya dapat merasuki tubuh manusia yang sudah tidak bernyawa, maka dari itu sebelum merasukinya, Youma akan membunuh manusia tersebut. Youma hanya menunjukan wujud aslinya saat bertarung atau memangsa manusia. Untuk mencegah banyaknya manusia yang mati dimakan Youma, didirikan sebuah organisasi yang biasa disebut orang-orang "Claymore". Tugas seorang Claymore adalah membunuh Youma. Claymore tidak boleh membunuh atau menyakiti manusia, apabila seorang Claymore didapati membunuh manusia, Claymore tersebut akan dihabisi oleh Claymore-Claymore lainya.

Meski demikian, manusia takut menyewa Claymore untuk membasmi Youma di desanya. Bukan karena harga sewanya yang mahal saja, hal tersebut juga dikarenakan Claymore sebenarnya adalah manusia setengah Youma. Apa maksudnya? Maksudnya Claymore adalah manusia yang tubuhnya ditanamkan darah dan daging Youma sehingga mereka dapat memiliki fisik kuat seperti Youma. Meski kelihatannya Claymore merupakan organisasi yang mulia, sebenarnya organisasi tersebut diperkirakan memiliki tujuan jahat yang bahkan tidak diketahui oleh para Claymore-Claymorenya.

Apa maksudnya? Tujuan apa yang sebenarnya mereka miliki?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar